Indonesia Digital 2019 : Tinjauan Umum

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia meningkat pesat dari hari ke hari dan dari tahun ke tahun. Hal ini dipengaruhi oleh berbagai macam faktor mulai dari perluasan area cakupan internet, peningkatan bandwidth internet, penggunaan teknologi internet dan komunikasi terbaru yang lebih cepat dan efisien, perkembangan ponsel pintar, munculnya berbagai macam media sosial dan ecommerce, serta semakin banyaknya masyarakat yang paham dan aktif menggunakan internet.

Sumber data dan informasi untuk analisis kali ini, kami dapatkan dari situs We Are Social

 

Dari infografis diatas terlihat Total Penduduk Indonesia mencapai 268,2 juta jiwa, sementara diketahui pengguna Mobile ( ponsel pintar dan tablet ) mencapai 355,5 juta. Artinya peredaran ponsel pintar dan tablet lebih banyak dari jumlah penduduk di seluruh Indonesia. Bisa terjadi jika satu orang memiliki 2 atau lebih gawai (gadget) apalagi Horang Kayah, gonta ganti Smartphone sudah biasa.

Beralih ke Pengguna Internet, tercatat ada 150 juta pengguna internet aktif, ini berarti 56% dari total jumlah penduduk Indonesia sudah menggunakan internet. Demikian pula dengan media sosial, rata-rata 50% lebih penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial.

Sekarang mari kita lihat berapa besar pertumbuhannya dari tahun 2018 ke tahun 2019.

 

Di Infografis berikut ini terlihat pertumbuhan penduduk dari 2018 ke 2019 sebesar 1%, tapi pertumbuhan internet tercatat 13%, media sosial 15% dan mobile media sosial 8,3%. Ini berarti pertumbuhan pengguna internet dan media sosial jauh lebih pesat dibanding pertumbuhan penduduk, dan trend nya sejak tahun-tahun sebelumnya memang menunjukkan peningkatan yang siginifikan.

 

Gawai apa yang sering digunakan orang Indonesia untuk berselancar di dunia maya dan melakukan aktifitas media sosial serta ecommerce?

Cek di Infografis diatas ini. Terlihat paling besar adalah Mobile Phone mencapai 91%, laptop/PC hanya 22%. Televisi juga masih banyak ditonton oleh masyarakat. Ini kemungkinan antara emak-emak nonton sinetron atau bapak-bapak nonton berita dan pertandingan tinju atau sepak bola. Lha terus kapan anak-anaknya nonton film kartun? Entahlah…

 

Berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh orang Indonesia dalam mengakses media?

Juaranya adalah Internet, rata-rata orang berselancar menghabiskan waktu 8 jam 36 menit per harinya. Disusl oleh Media Sosial dengan 3 jam 26 menit. Televisi, seperti yang sudah kami tulis diatas, masih jadi favorit pemirsa dengan lama nonton mencapai 2 jam 52 menit. Terakhir streaming musik dengan ‘hanya’ 1 jam 22 menit.

Perkembangan dunia digital di Indonesia sangat menjanjikan, dari sisi pengguna internet, pengguna media sosial, bahkan pengguna ponsel-ponsel pintar. Ini tentunya menawarkan peluang-peluang usaha serta kemana arah tujuan bisnis kedepan.  Perusahaan yang hanya mengandalkan cara-cara konvensional dan tradisional bakal tergilas oleh perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan teknologi informasi dalam operasional bisnisnya.

 

LIPUTAN KHUSUS : INDONESIA DIGITAL 2019

  1. Tinjauan Umum

  2. Pengguna Internet

  3. Pengguna Media Sosial

  4. Pengguna Mobile

  5. Pengguna Ecommerce

You may also like

Your Cart

Send this to a friend